Senin, 27 Mei 2019 15:31
Print

Tulungagung – Dalam rangka mengisi bulan Ramadhan 1440H Pascasarsajana IAIN Tulungagung menyelenggarakan rangkaian kegiatan kemahasiswaan yang diberi nama “Academic Actions in Ramadhan”. Akhyak selaku Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung memberikan edaran kepada seluruh prodi di lingkungan Pascasarjana IAIN Tulungagung agar menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dikemas dalam kegiatan akademik yang disesuaikan dengan kekhasan prodi masing-masing. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas akademik dari para mahasiswa Pascasarjana IAIN Tulungagung. Didukung penuh dari seluruh jajaran pimpinan di lingkungan IAIN Tulungagung, membuat rangkaian kegiatan ini berjalan dengan sukses.

Hadirnya kegiatan Academic Actions in Ramadhan ini menunjukkan bahwa kegiatan kemahasiswaan tidak hanya identik dengan Prodi S1 saja, tetapi Pascasarjana pun juga memiliki kegiatan kemahasiswaan meski tidak ada organisasi kemahasiswaan layaknya di Prodi S1.
Kegiatan Academic Actions in Ramadhan ini merupakan satu-satunya kegiatan kemahasiswaan yang digelar oleh Pascasarjana IAIN Tulungagung diantara seluruh Pascasarjana PTKIN di Indonesia. Adapun rangkaian kegiatan Academic Actions in Ramadhan yang digelar oleh Pascasarjana IAIN Tulungagung adalah sebagai berikut:
Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris (S2-TBI) yang mengawali kegiatan Academic Actions in Ramadhan dengan menyelenggarakan short course bertajuk “New Strategy in Translating and Understanding English Literature from International Journal” pada tanggal 10 Mei 2019.
Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam (S3-MPI) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Strategi Implementatif dalam Penerapan Metodologi Penelitian Disertasi yang Berkualitas” pada tanggal 11 Mei 2019
Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (S2-IAT) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Aplikasi Metode Tahlili, Muqoron, dan Maudu’i dalam Penelitian Tafsir” yang diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2019. Adapun rangkaian kegiatan dimulai dengan Khotmil Qur’an, dilanjutkan dengan Short Course dan diakhiri dengan buka bersama.
Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (S2-MPI) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Strategi Implementatif dalam Penulisan Karya Ilmiah” yang digelar pada tanggal 15 Mei 2019.
Program Magister Ekonomi syariah (S2-ES) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Penggunaan Eviews dan SPSS dalam penelitian Ekonomi Syariah” pada tanggal 15 Mei 2019.
Program Magister Pendidikan Bahasa Arab (S2-PBA) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Intisyaru Fa’aliyah Tadrisi al-Lughah al-‘Arabiyyah fi al-Ashry al-Aulamah” pada tanggal 16 Mei 2019. Rangkaian kegiatan yang digelar oleh prodi PBA dimulai dengan Khotmil Qur’an, dilanjutkan dengan Short Course dan diakhiri dengan kegiatan berbuka puasa bersama.
Program Magister Akidah dan Filsafat Islam (S2-AFI) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Link and Match Visi, Misi, dan Profil Prodi AFI dengan Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa” pada tanggal 16 Mei 2019.
 Prodi Magister Hukum Keluarga Islam (S2 HKI) dan Hukum Ekonomi Syariah (S2-HES) menyelenggarakan kegiatan bersama yang dikemas dalam kegiatan short course bertajuk “Menuju Puasa paripurna: Puasa dalam Perspektif Syariat, Thoriqot, Hakikat, dan Ma’rifat” pada tanggal 21 Mei 2019.
Program Doktor Studi Islam Interdisipliner (S3-SII) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Etnografi dalam Studi Islam Interdisipliner” yang dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama pada tanggal 22 Mei 2019.
Program Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2-PGMI) menyelenggarakan Short Course bertajuk “Pendekatan dan Pengembangan Penelitian Berbasis Program Studi PGMI” pada tanggal 22 Mei 2019.
Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (S2-PAI) menutup seluruh rangkaian kegiatan Academic Actions in Ramadhan yang digelar oleh Pascasarjana IAIN Tulungagung tahun 2019 dengan menggelar kegiatan Bedah Buku yang berjudul “Spiritualitas Tempat Kerja (Kiat kerja Keras, Cerdas, Ikhlas)”. Dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan kegiatan Launching Beasiswa Peningkatan Kualifikasi Akademik bagi Guru Madin di Wilayah Provinsi Jawa Timur. Pada tahun ini IAIN Tulungagung bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk meningkatkan kualitas akademik bagi Guru Madin di Wilayah Jawa Timur dengan memberikan beasiswa bagi para Guru Madin yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister. Dalam hal ini, Prodi Magister PAI adalah destinasi studi yang menjadi opsi bagi para Guru Madin yang akan melanjutkan studinya di Pascasarjana IAIN Tulungagung.
Kendati kegiatan ini adalah bukan kegiatan yang dianggarkan dalam RKAKL Pascasarjana IAIN Tulungagung, namun bukan berarti keterbatasan anggaran menjadi halangan bagi para mahasiswa dan pengelola prodi untuk tidak dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang tujuan akhirnya adalah meningkatkan kualitas mahasiswa. Komitmen ini yang membuat Pascasarjana IAIN Tulungagung untuk bertekad untuk menjadi Pascasarjana yang terkemuka di jajaran Pascasarjana PTKIN lainnya. Semoga dengan meningkatnya kualitas akademik dari mahasiswa akan dapat mengantarkan IAIN Tulungagung untuk segera beralih status menjadi UIN Tulungagung. Semoga.(humas/pasca/lz)