Kamis, 10 Desember 2020 16:20
Print
Tulungagung – Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung digelar secara online. Pesta demokrasi organisasi kemahasiswaan tertinggi di kampus IAIN Tulungagung ini digelar pada Kamis (10/12/2020).
 
Ketua Senat Mahasiswa Institut (SEMA-I) IAIN Tulungagung, Ahmad Zainul Mustofa saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan ini dilakukan secara online karena saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19.
 
“Jadi untuk menghindari kerumunan masa, maka kegiatan ini dilakukan secara online,” kata Zainul, sapaan akrab Ketua SEMA tersebut.
 
Dijelaskan juga oleh Zainul bahwa pelaksanaan pemilihan ini dilakukan oleh panitia pemilihan yang disebut dengan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa dan diawasi oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Mahasiswa yang dibentuk oleh SEMA-I IAIN Tulungagung.
 
Adapun soal tahapan pemilihan tersebut dimulai dengan pendaftaran pasangan calon pada tangal 16 sampai dengan 23 November 2020 dan dilanjutkan dengan pengumpulan pertanyaan debat pada tanggal 16 sampai dengan 26 November 2020. Kedua tahapan tersebut dilakukan melalui aplikasi Google Form.
 
Tahapan selanjutnya adalah seleksi bakal calon pada 23 sampai dengan 25 November 2020 dan penetapan calon dan nomor urut calon pada tanggal 26 November 2020 yang dilakukan melalui apliasi Zoom Meeting. Setelah itu para calon yang sudah terseleksi diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye terbuka pada 27 November 2020 sampai dengan 7 Desember 2020 secara virtual. Selain itu juga dilakukan debat kandidat yang dilaksanakan secara terbatas di Aula Lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqiem serta disiarkan langsung melalui channel youtube DEMA-I IAIN Tulungagung sehingga bisa disaksikan oleh seluruh mahasiswa pada tanggal 20 November 2020 dan 1 Desember 2020.
 
Setelah pelaksanaan debat kandidat, tahapan dilanjutkan dengan masa tenang pada tanggal 8 sampai dengan 9 Desember 2020. Setelah itu baru dilakukan pelaksanaan pemilihan pada tanggal 10 Desember 2020 melalui aplikasi E-vooting di laman https://usee.iain-tulungagung.ac.id/. Sedangkan untuk hasil bisa dilihat pada laman https://usee.iain-tulungagung.ac.id/result.
 
Tentang jumlah pemilih, Zainul menyebutkan bahwa pemilih ada 218. Jumlah tersebut diambil 1 persen dari masing-masing jurusan. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor 4961 Tahun 2016 tentang Pedoman Umum pada Organisasi Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Agama Islam serta Surat Keputusan Rektor Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Nomor 167 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Organisasi Kemahasiswaan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.
 
“Untuk hasil dari pemilihan secara resmi akan ditetapkan pada tanggal 11 Desember 2020 melalui Virtual Zoom Meeting dan Live Youtube.” kata Zainul.
 
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Abad Badruzaman saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya mengapresiasi positif atas pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua DEMA-I IAIN Tulungagung tersebut.
 
“Pertama dalam rangka menghindari kerumuman masa mereka memanfaatkan teknologi E-Voting yang dibantu oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data atau PTIPD IAIN Tulungagung. Kedua tahapan demi tahapan mulai dari pembentukan panitia, penjaringan hingga pelaksanaan pemilihan. Kami selaku jajaran pimpinan sangat mengapresiasi hal tersebut.” terang Abad Badruzaman. (sin)