Rabu, 04 Maret 2015 12:10
Print

(Tulungagung) Pendaftaran calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  atau disingkat dengan SPAN-PTKIN di IAIN Tulungagung segera dibuka. Seleksi jalur tersebut dilaksanakan mulai tanggal 28 Februari 2015 hingga 25 April 2015 dan dilakukan secara online. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. siang ini di ruang kerjanya.

Menurut Wakil Rektor I, pendaftaran melalui jalur SPAN ini adalah merupakan salah satu jalur masuk PTAIN yang dilihat dari kriteria akademik siswa. Adapun yang menjadi kriteria siswa yang bisa masuk melalui jalur SPAN ini minimal harus memiliki raport yang masuk sepuluh besar.

“Pemahaman 10 besar di sini adalah siswa diranking berdasarkan nilai raport selama di sekolah tersebut, kemudian diambil sepuluh besar per kelas. Untuk rankingnya tidak berlaku paralel. Jadi setiap kelas hanya memiliki jatah 10 siswa”, terang Imam Fu’adi.

Lebih lanjut Imam Fu’adi menjelaskan, bahwa pendaftaran dilakukan secara online dan dilakukan langsung oleh kepala sekolah. Artinya kepala sekolah mendaftarkan lembaganya secara online di website SPAN-PTKIN IAIN Tulungagung dan sesudah mendapatkan ID, baru kemudian bisa mendaftarkan siswanya yang sudah diseleksi oleh sekolah terlebih dahulu.

Adapun siswa yang bisa diterima melalui jalur ini akan diseleksi dengan verifikasi berkas yang sudah dikirim yakni nilai raport selama di sekolah dan juga keterangan mengenai prestasi-prestasi non akademik yang pernah diraih oleh siswa bersangkutan.

“Jika lembaga pendidikan yang bersangkutan memerlukan bantuan maka bisa berkonsultasi langsung dengan panitia di kampus IAIN Tulungagung”, kata Imam Fu’adi menambahkan.

Sementara itu, untuk memaksimalkan penjaringan calon mahasiswa melalui jalur SPAN PTKIN ini, IAIN Tulungagung sudah melakukan beberapa sosialisasi kepada kepala sekolah maupun langsung kepada siswa. Yang mana kegiatan tersebut dilakukan di setiap agenda kampus yang melibatkan sekolah maupun siswa, seperti Kompetisi Sains Madrasah maupun di try out Ujian Nasional.